7 Cara Menumbuhkan Minat Baca Pada Anak

7 Cara Menumbuhkan Minat Baca Pada Anak

By : Rianti Fajar

Kegemaran anak dalam membaca sangat ditentukan oleh orangtua. Dengan kata lain, menumbuhkan minat baca anak mau tidak mau, dipengaruhi oleh peran orangtua. Anak akan gemar membaca bila mulai dibiasakan oleh orangtua sejak dini. Jadikan membaca sebagai kebiasaan agar Anda tidak perlu memaksa anak untuk rajin membaca di masa dewasanya kelak. Dengan banyak membaca, maka akan semakin banyak juga ilmu dan pelajaran yang bisa didapatkan anak.

Berikut tips praktis yang bisa Anda lakukan untuk menumbuhkan minat baca pada anak:

  1. Bacakan buku bergambar.

Untuk anak-anak berusia di bawah lima tahun, buku bergambar akan sangat menarik perhatian mereka. Mulailah perkenalkan mereka dengan buku cerita atau dongeng. Kemudian bacakan dongeng secara rutin, misalnya saat sebelum tidur. Selain dapat menumbuhkan minat baca, membacakan dongeng sebelum tidur juga dapat meningkatkan kedekatan Anda dengan anak.

  1. Berikan pertanyaan.

Setelah membacakan buku, berikanlah pertanyaan berdasarkan apa yang sudah Anda bacakan. Dengan begitu anak akan terstimulasi untuk membaca, atau minimal melihat gambar di dalam buku untuk mendapatkan jawaban dari pertanyaan Anda.

  1. Peluk anak saat membaca.

Pelukan dapat membuat anak merasa nyaman, sehingga dapat menyerap dengan baik setiap pesan yang terdapat dalam buku yang Anda bacakan. Selain itu kelak anak juga akan merasa lebih percaya diri saat harus membacakan buku cerita di depan orang lain.

  1. Hubungkan dengan kejadian sehari-hari.

Saat membacakan buku, Anda dapat menghubungkannya dengan kejadian sehari-hari yang pernah anak alami. Hal ini dapat meningkatkan daya ingat anak, akan kejadian yang pernah dialami dan isi buku yang dibacakan. Sehingga kelak dia akan kembali membaca buku untuk menemukan berbagai kejadian yang berhubungan dengan kehidupannya.

  1. Jangan langsung menutup buku.

Setelah selesai membacakan buku, sebaiknya Anda jangan langsung menutup buku dan mengakhiri kegiatan membaca. Cobalah ciptakan komunikasi lebih lanjut, misalnya dengan bertanya pendapat anak mengenai tokoh yang ada pada buku yang dibaca. Selain meningkatkan minat baca, hal ini juga dapat menumbuhkan rasa percaya diri dan meningkatkan kemampuan anak untuk berpikir.

  1. Jangan malu untuk menirukan suara.

Saat membacakan cerita, tidak perlu malu untuk menirukan suara tokoh yang menjadi karakter dalam cerita. Bila tokoh utamanya adalah seekor sapi, buatlah suara seperti sapi. Hal ini akan membuat membaca menjadi sebuah kegiatan yang lebih menyenangkan.

  1. Jangan menyerah.

Saat anak menunjukkan rasa bosan ketika Anda sedang membacakan cerita, biarkan ia beranjak. Namun jangan berhenti membaca. Tetap bacakan cerita dengan intonasi dan suara semenarik mungkin, hingga anak kembali tertarik. Walaupun ia tak juga menghampiri Anda, paling tidak, suara Anda membacakan cerita tersebut, akan terus terngiang-ngiang.

http://www.1health.id/id/article/category/ibu-dan-anak/7-cara-menumbuhkan-minat-baca-pada-anak.html

Comments

comments