Perkembangan PAUD di Indonesia

Perkembangan PAUD di Indonesia – paud.net. Meskipun masuknya pendidikan PAUD di Indonesia terbilang terlambat dibanding dengan masuknya sejenis pendidikan PAUD ini di Negara lain, namun saat ini Indonesia termasuk Negara yang sudah memiliki perkembangan yang baik mengenai pendidikan anak usia dini ini dibuktikan dengan banyaknya lembaga sejenis yang saat ini mulai bermunculan. Pendidikan anak usia dini di Indonesia sudah dimulai sejak masa sebelum kemerdekaan, semenjak pendirian Frobel School yang didirikan oleh pemerintah Hindia Belanda untuk anak-anak mereka. Meskipun yang berhak mengikuti pendidikan ini hanyalah anak-anak bangsa Belanda, Eropa, dan para bangsawan saja, namun seiring dengan berdirinya pergerakan pemuda Budi Utomo, kesadaran mengenai pentingnya pendidikan ini mulai dirasakan oleh masyarakat lainnya.

perkembangan paud indonesia

Berikut penulis akan sajikan beberapa perkembangan PAUD di Indonesia, dimulai dari pendirian lembaga pertama sejenis PAUD oleh persatuan wanita ‘Áisyiyah’.

  • Pada tahun 1919, persatuan wanita yang bernama Aisyiyah mendirikan sebuah lembaga berkonsep PAUD ini dengan nama Bustanul Athfal. Pendirian lembaga ini merupakan sebuah respon atas popularitas PAUD yang berorientasi pada PAUD Eropa. Berdirinya Bustanul Athfal di Yogyakarta ini memiliki kurikulum seperti penanaman sikap nasionalime dan nilai-nilai keagamaan.
  • Pada tahun 1992, salah satu dari 4 serangkai yakni Ki Hajar Dewantoro juga membangun sebuah lembaga dengan berbagai nama seperti Taman Lare, Taman Anak atau Kindertin yang kemudian berkembang menjadi Taman Indria.
  • Pada masa penjajahan Jepang, lembaga pendidikan dengan konsep PAUD masih terus berlanjut, namun kuantitasnya berkurang. Pemerintah Jepang tidak mengawasi penyelenggaraan lembaga ini secara formal, namun tetap menambahkan kegiatan di kelas-kelas PAUD ini dengan nyanyian-nyanyian Jepang.
  • Pada tahun 1945-1965, yayasan Pendidikan Lanjutan Wanita mendirikan Sekolah Pendidikan Guru TK Nasional. Dengan berdirinya Sekolah Pendidikan Guru TK Nasional di Jakarta, banyak sekolah-sekolah TK dibangun baik oleh swasta maupun pemerintah.
  • Pada tahun 1950, keberadaan TK mulai diakui secara resmi melalui UU No. 4 tahun 1950 sebagai bagian dari sistem pendidikan nasional. Pada tahun yang sama, tepatnya 22 Mei 1950 berdiri IGTKI.
  • Pada tahun 1951, penyebaran pendirian TK ke luar pulau Jawa yang diprakarsai oleh yayasan Bersekolah Pada Ibu.
  • Tahun 1951-1955, pada tahun ini pemerintah mulai berupaya mengembangkan berbagai hal dalam pendidikan anak usia dini seperti pengembangan kurikulum, penyediaan fasilitas, dan pengadaan supervise ke TK-TK.
  • Tahun 1957, berdirinya Gabungan Organisasi Penyelenggaran TK Indonesia (disingkat GOPTIK).
  • Tahun 1960-1963, terjadinya pemodernisasian pendidikan setingkat PAUD dalam skala yang besar sebagai akibat dari pengiriman SDM oleh pemerintah ke berbagai negera lain seperti Australia, USA, dan New Zealand.
  • Tahun 1963-1964, kurikulum gaya barupun terlahir (kecakapan, kebutuhan, dan minat individual)
  • Pada tahun 1965-1998, perkenalan pergantian kurikulum TK tahun 1964 menjadi kurkulum 1968.
  • Tahun 1974, pemberlakuan kurikulum baru sebagai ganti dari pembaruan kurikulum 1968.
  • Tahun 1984, pemberlakuan kurikulum baru yang meliputi PMP, pendidikan agama, daya cipta, jasmani dan kesehatan, daya fikir, perasaan kemasyarakatan dan lingkungan.
  • Tahun 1993, pemberlakuan kurikulum TK 1993
  • Tahun 1993 / 1994 – 1996 /1997, upaya peningkatan pendidik PAUD mulai digalakkan di berbagai wilayah, baik dalam hal kuantitas maupun kualitas.
  • Pada tahun 1998-2003, pada tahun-tahun ini pemerintah mulai mendukung perkembangan PAUD melalui jalur pendidikan non-formal. Bentuk pendidikan non-formal yang dimaksud seperti KB (Kelompok Bermain), TPA (Taman Pendidikan Anak), dan sejenisnya.
  • Pada tahun 2003-2009, mulailah keluar mengenai peaturan pemerinta mengenai PAUD yang terangkum dalam UU No. 20 tahun 2003 pasal 1 ayat 14 mengenai pengertian PAUD dan pasal-pasal lainnya yang tekait.
  • Pada tahun 2010 – saat ini, periode ini ditandai dengan kebijakan penggabungan pembinaan PAUD formal dan non-formal di bawah direktorat jenderal pendidikan anak usia dini melalui peraturan presiden no 24 tahun 2010 tentang kedudukan, tugas, fungsi, dan tata kerja kementerian Negara RI yang diubah denan peraturan presiden no 67 tahun 2010.

Pada masa sekarang ini, perkembangan PAUD sungguh luar biasa, ditandai dengan munculnya berbagai lembaga PAUD ini di berbagai daerah termasuk pedesaan. Meskipun sistem serta kurikulum di berbagai tempat berbeda, namun pengenalan mengenai betapa pentingnya PAUD ini sudah difahami oleh masyarakat.

Sumber: http://www.paud.net/artikel/perkembangan-paud-di-indonesia/

Comments

comments