SGM Luncurkan Kampanye Program Makan Sehat untuk Anak PAUD

sgm

Kita mengenal tahun emas pertumbuhan anak adalah pada lima tahu pertama. Di masa ini penting memperhatikan asupan yang seimbang agar pertumbuhan anak tumbuh optimal. Generasi yang tumbuh optimal dan cerdas tentu sangat penting bagi bangsa ini karena ditangan mereka lah masa depan bangsa ini berada. Apalagi ditemui kenyataan, asupan sayur dan buah pada anak usia dini makin tidak memenuhi porsi makan sehat.

Mengutip Peraturan Kementerian Kesehatan RI No 41 tahun 2014 bahwa porsi buah dan sayur sekali makin harus cukup 50 persen. Sayangnya data hasil Riskesdas (Riset Kesehatan Dasar) di tahun 2007 dan 2013 menunjukkan prevalensi perilaku masyarakat Indonesia yang mengonsumsi buah dan sayur dalam jumlah kurang, stagnan pada kisaran angka 93,5-93,6 persen. Sangat rendah. Maka itulah diperlukan dukungan semua pihak memperbaiki pola makan masyarakat yang tidak seimbang itu, melalui edukasi konsumsi buah dan sayur sejak dini.

Peduli akan hal ini, PT Sarihusada Generasi Mahardhika melalui susu pertumbuhan SGM Eksplor dengan Buah & Sayur meluncurkan program Kebiasaan Makan Sehat pada anak usia dini dengan nama kampanye PAUD Healthy Eating Habit. PAUD adalah Pendidikan Anak usia Dini, yang merupakan program pendidikan dasar anak dibawah lima tahun. Ini merupakan rangkaian program meliputi penyediaan makanan bergizi, buah-buahan dan sayur mayor, serta susu pertumbuhan SGM Eksplol Buah&Sayur bagi anak didik di PAUD. Ada enam PAUD sekitar Jabodetabek sebagai tahap awal.

Anna Surti Ariani, S.Psi. M.Si, psikolog, menuturkan, kurangnya asupan buah dan sayur itu bisa jadi justru karena feeding styles atau cara pemberian makan oleh orang tua yang salah. “Orang tua yang memaksakan makan buah dan sayur itu justru membuat anak trauma dan sikap orang tua yang terlalu mudah menyerah saat anaknya menolak buah dan sayur pun membuat anak akhirnya tidak biasa makan seimbang. Penting bagi orang tua memiliki bekal pengetahuan dan keterampilan cara pemberian makan yang tepat bagi anak,” ujarnya.

Untuk itulah program PAUD Healthy Eating Habit ini hadir. Selain di enam PAUD Jabodetabek terpilih untuk kampanye ini, Diana Beauty, Brand Manager SGM Eksplor Buah & Sayur menuturkan agar kampanye makan seimbang buah dan sayur lebih meluas, program ini menggunakan media sosial melalui Facebook Fanpage SGM dan Youtube. “Di PAUD kami memperkenalkan snack dari buah dan sayur, kegiatan menanam sayur, memperkenalkan buah dan sayur melalui dongeng, gerak dan lagu agar anak-anak pun senang,” ujar Diana. Selain itu para orang tua murid PAUD pun mendapat edukasi tentang feeding style yang tepat.

Diana menegaskan meski SGM memiliki varian produk susu SGM Eksplor Buah & Sayur, bukan berarti asupan dan kebutuhan akan buah dan sayur bisa digantikan oleh susu ini. “Kebutuhan 50 persen akan buah dan sayur harus dipenuhi, akan lebih maksimal hasilnya jika ditambah minum dua gelas susu se hari,” ujarnya. Minum susu tetap tidak boleh berlebihan. Joris Bernard, Brand Business Unit Director Sarihusada menambahkan, PAUD Healthy Eating Habit Program merupakan bagian dari komitmen pihaknya menjadi mitra bagi orang tua di Indoensia dalam menyediakan nurtisi untuk pertumbuhan anak. “Kami ingin membuktikan bahwa makan buah dan sayur bisa menyenangkan jika dilakukan bersama-sama dan dengan cara yang tepat,” imbuhnya. Program ini diluncurkan sejak awal September hingga 15 Oktober 2016. Pada puncak acara SGM akan mengajak orang tua terpilih dari keenam PAUD tersebut untuk ikut piknik bersama ke Taman Buah Mekarsari, Bogor.

sumber.

http://swa.co.id/swa/trends/sgm-luncurkan-kampanye-program-makan-sehat-untuk-anak-paud

Comments

comments