Prodi PG PAUD Gelar Sarasehan Strategi Peningkatan Mutu Lembaga Berbasis Kompetensi Guru
Kualitas seorang guru dalam suatu lembaga pendidikan akan
sangat mempengaruhi perkembangan anak didiknya. Dalam upaya untuk meningkatkan
kompetensi para guru PAUD (Pendidikan Anak Usia Dini), Program Studi PG-PAUD –
Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) Universitas Narotama (UNNAR) menggelar sarasehan
dengan tema “Strategi Peningkatan Mutu Lembaga Berbasis Kompetensi Guru” yang
dilaksanakan di Conference Hall UNNAR, Rabu (31/7/2019).
Kegiatan tersebut menghadirkan antara lain Dr. Anita
Kastur (Ketua POKJA PAUD Kota Surabaya), Yuliana Yenny Harianto (Owner Robo Kidz),
dan Oentari Kartikahidajati Setyahardja, M.Pd (Tim Penilai Kinerja Guru
Kemdikbud). Acara yang diikuti oleh para Bunda PAUD (sebutan untuk guru-guru
PAUD) ini dibuka oleh Dekan FIP, Andini Dwi Arumsari, S.Psi, M.Psi, Psikolog.
Kaprodi PG PAUD Rofik J. Rosyanafi, S.Pd, M.Pd mengatakan
bahwa kualifikasi akademik Guru PAUD/TK/RA Guru pada PAUD, TK, RA harus
memiliki kualifikasi akademik minimun Diploma 4 (D4) atau Sarjana (S1) dalam
bidang pendidikan anak usia dini atau psikologi yang diperoleh dari program
studi yang terakreditasi. Kompetensi pedagogik, kepribadian, sosial dan profesional
merupakan kompetensi inti dalam meningkatkan mutu layanan satuan pendidikan
anak usia dini di berbagai layanan program usia.
Selain peningkatan mutu lembaga, para peserta juga
menerima ilmu baru tentang bagaimana memaksimalkan fungsi alat bermain seperti
`lego` untuk mengasah syaraf motoric anak, kemampuan berimajinasi – merangkai,
memilih warna, hingga memilah-milahnya sesuai warna, ukuran, dan bentuknya.
Foto: Yuliana Yenny Harianto sedang menjelaskan materi
bagaimana memaksimalkan alat bermain untuk meningkatkan kreativitas anak-anak.
Terima kasih atas informasinya.
BalasHapusvisit us